Selasa, 06 Maret 2012

Anatomi dan Faal

Just info


Tubuh manusia terdiri dari 50 juta sel, jumlah panjang jaringan pembuluh darahnya sampai 100.000 km dan lebih dari 500 macam proses kimiawi terjadi di dalam hati. Tubuh manusia jauh lebih rumit dan lebih menakjubkan dari pada komputer. Banyak manusia yang menguasai komputer, tapi belum ada satupun yang tau pasti mengenai tubuh manusia. Dengan ilmu pengetahuan yang sudah sangat berkembang, tapi masih saja ada keajaiban-keajaiban yang tidak bisa dijelaskan secara medis, misalnya yang saya ingat ada seorang bayi yang terlahir tanpa darah sedikit pun, bagaimana itu bisa terjadi? 


Berikut prestasi olahragawan seringkali memperlihatkan tenaga tubuh yang bersifat melar. Sedangkan ketangguhannya menunjukkan staminanya. Walaupun demikian, fungsi tubuh yang tidak nampak, lebih mengesankan lagi. Dan tanpa kita sadari, tubuh mengatur suhu badan kita, tekanan darah kita, penegak dan penggerak, transportasi, pernapasan, pencernaan dan tugas-tugas lain yang tidak terbilang banyaknya. Pusat pengatur tubuh, yakni otak memiliki kemampuan merekam dan menyimpan lebih banyak informasi dibandingkan dengan komputer atau pesawat apapun.


Sekilas pengertian anatomi dan faal, dulu semester dua, setelah awal perkuliahan yang melelahkan di semester sebelumnya, ada sebuah Lab, Anatomi dan Fisiologi Manusia namanya, kedengarannya asik bukan? semua tentang manusia akan dibahas di dalamnya, sangat menyenangkan. Kebanyakan menyebutnya Lab Faal, mulanya saya bingung Faal? apa itu faal? kenapa jadi Faal? apa sebuah singkatan? dan setelah saya tau, jadi malu sendiri.. 


Anatomi (berasal dari bahasa Yunani ἀνατομία anatomia, dari ἀνατέμνειν anatemnein, yang berarti memotong) adalah cabang dari biologi yang berhubungan dengan struktur dan organisasi dari makhluk hidup (wikipedia.org)


Faal (berasal dari bahasa Arab yang berarti fungsi)adalah cabang dari biologi yang mempelajari tentang fungsi dari anatomi tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar