Selasa, 01 Oktober 2013

diary Praktek Kerja Lapangan Fitokimia/Farmakognosi 2013 Fakultas Farmasi UMI

              Tidak lengkap rasanya jika belum menceritakan apa saja yang terjadi selama praktek kerja lapangan Laboratorium Fitokimia/Farmakognosi Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia tahun 2013 di adakan di Desa Bela Bori, Kec. Parangloe, Kab Gowa, Sulawesi Selatan. Sangat menyenangkan, melelahkan, dan seru :)
          Sebelumnya yuk berkenalan dengan beberapa dosen dan asisten, pelengkap Laboratorium Fitokimia/Farmakognosi. dimulai dari kak Aktsar Roskiana, S. Farm, M. Farm, Apt (gelar yang panjang, semoga penulis dapat memiliki gelar yang sama, amin) biasa disapa "kak Erna" beliau merupakan ketua PKL tahun ini, beliaulah sosok terpenting yang dengan ceria membimbing kami semua untuk kegiatan ini.


            Kemudian Koordinator Praktikum Fitokimia, yaitu kak Abdul Malik, S.Farm, M.Sc, Apt biasa disapa "kak Malik" beliaulah dengan tegas dan ramah membimbing kami.


           Kegiatan PKL dimulai pada hari Jumat, 27 September 2013 hingga Minggu 29 September 2013. Berikut sebagian asisten Botani, Farmakognosi dan Fitokimia yang tertangkap mata kamera :) dimulai dari kanan Islam, Tia, Rizki, Saida, Hawa, Eka, Risda dan Udin.


           Tepat pukul 10.00 a.m WITA wakil rektor III bapak Muzakkir Baitz S.Si., M.Si., Apt, melepaskan mahasiswa mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia.


          

            Berikut foto kondisi dalam bus 4 dari 10 bus yang diberangkatkan sesi pagi.




           Setelah tepat satu setengah jam perjalanan akhirnya kami tiba di Lokasi PKL desa Belabori dan disambut oleh Kepala Desa Belabori yang dengan ramah memberikan sambutan dan arahan yang hangat.

         
            Asisten pendamping dan mahasiswa selanjutnya diarahkan ke posko masing-masing, dimana posko-posko tidak lain adalah rumah warga desa Belabori. Malamnya Panitia dan Asisten Pembimbing mengadakan rapat Pengarahan untuk kegiatan inti yang dilaksanakan Sabtu, 29 September.

          
             Keesokan harinya tepat pukul 07.00 am WITA, peserta PKL beserta asisten dan dosen pembimbing berkumpul di Lapangan untuk mengadakan Peregangan Otot. Kegiatan ini penting loh :) dengan melakukan peregangan, peserta PKL akan lebih siap dalam melakukan kegiatan inti nantinya.


            Nah, dan dimulailah kegiatan inti PKL, peserta diwajibkan membawa semua peralatan untuk berburu tanaman di segala penjuru desa Belabori ini, tepatnya di gunung, tempat tumbuh suburnya tanaman berkhasiat obat.




            dan setelah menjelajah selama lebih dua jam, peserta PKL akan mengolah sampel yang ditemukan menjadi sebuah herbarium kering dan herbarium basah.


             Malamnya, acara paling seru sepanjang perjalanan kegiatan ini, yaitu acara Ramah Tamah. Berikut sambutan oleh Kepala Desa Belabori.


             Dalam acara ini diisi oleh Sosialisasi para Dosen Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia, diantaranya Bapak Ahmad Najib, S.Si, M.Farm, Apt mengenai pengobatan obat tradisional.



                  Selanjutnya Sosialisasi mengenai Penggunaan Obat oleh kak Hendra Herman, S.Farm, Apt yang menarik melibatkan masyarakat desa Belabori.



               Beberapa foto para Dosen Fakultas Farmasi UMI :


             dan beberapa foto suasana acara Ramah Tamah yang tertangkap kamera :)




          Penyerahan cindramata kepada kepala desa Belabori oleh kak erna.



            Acara ditutup oleh Stand Up Comedy oleh asisten senior kak Abdul Gaffar, serta persembahan menarik berupa lagu yang dinyanyikan oleh beberapa peserta PKL Farmakognosi angkatan 2012. 
            Esoknya, kami semua melakukan acara Bakti Sosial sepanjang jalan desa Belabori, dan packing back to Makassar :) sekian, tetap semangat praktikum dan telusuri terus tanaman yang memiliki prospek tinggi sebagai obat bahan alam. Salam.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar